Jakarta – Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis karena memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. “Sebagai sektor strategis dan kritikal, Kementerian Perindustrian berupaya untuk menjaga produktivitas industri makanan dan minuman selama pandemic Covid-19. Namun demikian, kami tetap memastikan di perusahaan tersebut untuk penerapan protokol kesehatannya dijalankan secara ketat dan disiplin,” kata Plt. Direktur Jendral Industri Agro Kemenperin, Putu JuliArdika.
Kemenperin mencatat, industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor primadona yang membuat kinerja ekspor manufaktur nasional meroket sepanjang semester I tahun 2021. Total nilai ekspor industry pengolahan nonmigas pada Januari-Juni 2021 mencapai US$ 19,58 miliar atau naik 21.68% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan dari sisi investasi, industri makanan minuman mampu merealisasikan dana nya sebesar Rp 36,6 triliun pada Semester I – 2021 di tengah dampak tekanan pandemi Covid-19. Jumlah tersebut termasuk penanaman modal dalam negri (PMDN) sebesar Rp 14,7 triliun dan penanaman modal asing (PMA) Rp 21,9 triliun.
“Bisnis makanan dan minuman diperkirakan mencapai 1,68 juta unit usaha atau 38.27% dari total unit usaha makanan dan minuman secara keseluruhan. Di samping itu, industri ini dapat menyerap 3,89 juta tenaga kerja atau sebesar 38.27% dari total tenaga kerja bisnis makanan dan minuman sehingga menjadikannya padat karya,” jelas Plt Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah (IKMA) Kemenperin Reni Yanita.
Menurut hasil survey MarkPlus.Inc, optimasi omnichannel menjadi sangat penting bagi pelaku industri makanan dan minuman. Pelaku bisnis makanan dan minuman perlu memiliki saluran penjualan yang terintegrasi untuk memenuhi keperluan masyarakat pada masa mendatang. Selain itu, kualitas dari saluran terintegrasi tersebut perlu terjaga agar pengalaman yang dirasakan konsumen melalui omnichannel tersebut dapat terkelola dengan baik.
“Dalam masa yang penuh dengan ketidakpastian, industri makanan dan minuman perlu melakukan kolaborasi dengan sesama pebisnis makanan dan minuman untuk menarik target pasar yang lebih besar lagi dan sebagai pebisnis diharapkan dapat berinovasi baik dari segi pengembangan produk, marketing channel ataupun branding sehingga menjadikan bisnis makanan dan minuman kita lebih sustainable dalam masa mendatang, “ungkap Ketua APJI DKI Jakarta Tahsya Megananda Yukki.
Menurut Tahsya, APJI hadir di tengah pebisnis makanan dan minuman bukan hanya untuk mengedukasi, tapi juga menciptakan support system sehingga semua pebisnis makanan dan minuman dapat bebas berkreasi dan berkolaborasi diantara sesama anggota.
Acara Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) DPD APJI DKI Jakarta juga menyelenggarakan talkshow dengan berbagai narasumber. Talkshow ini membahas mengenai tren dari industri makanan yang difasilitasi oleh cloud kitchen yang dapat mengoptimalkan biaya sewa dan juga percepatan ekspansi ke berbagai daerah. Talkshow yang membahas tentang pentingnya mendaftarkan produk ke BPOM, LPPOM MUI dan bergabung dalam komunitas UMKM SMESCO. Hal ini di karenakan untuk produk kuliner dapat dipasarkan secara massif dan ke berbagai daerah, pebisnis kuliner wajib memperhatikan aturanaturan mengenai keamanan pangan serta kehalalan dari sebuah produk.
Faktor utama yang mendorong keputusan belanja konsumen yaitu ketersediaan produk, fungsi produk dan delivery (kecepatan dan kenyamanan). Saat ini juga masyarakat bertanya mengenai bagaimana makanan diproduksi, disimpan dan ada perubahan pola konsumsi masyarakat antara lain keinginan untuk: menekan human touch points Transisi ke home cooking karena konsumen juga ingin membatasi keterpaparan mereka terhadap keramaian. Kondisi ini meningkatkan penjualan bahan pokok memasak, perlengkapan makan, dan makanan pendamping.
Kedua, healthy eating Nilai konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dalam pengelolaan kondisi didokumentasikan dengan baik. Ketiga, food safety Kekhawatiran seputar keamanan pangan juga menjadi alasan transisi ke home cooking. Keempat, fokus pada makanan lokal Kesadaran yang meningkat tentang keamanan pangan dan keinginan untuk makanan yang lebih bergizi akan meningkatkan permintaan untuk makanan lokal.
Beberapa inovasi yang diharapkan adalah untuk para pebisnis dapat melakukan Safety seal dan contactless delivery ketika melakukan pengantaran (1); menampilkan suhu tubuh dari personnel kitchen (2); memastikan memakai perlengkapan lengkap seperti hand gloves dan masker ketika menyajikan makanan (3). Hal ini perlu di dokumentasikan di media sosial, sehingga para calon customer juga paham penjual telah melakukan protokol kesehatan yang cukup ketat.
Strategi yang dapat dilakukan pebisnis makan siap saja (ready to eat) misalnya: 1. menjual produk melalui channel online dan membuat packaging semenarik mungkin; 2. menghadirkan layanan restaurant favorites at home dimana chef hadir dan memberikan kesan makan di restaurant walaupun harus dilakukan di rumah customer sendiri; 3. takeaway food dan home meal delivery services misal frozen food dan ready to cook.